5 Situs Cek Plagiarism Indonesia Gratis Saat Ini

By | September 9, 2019

Apa saja cek plagiarism Indonesia gratis saat ini? Salah satu kunci konten menarik dari sbeuah blog adalah berisi konten yang asli atau orisinil. Selain itu, Google juga memiliki (Google Search) yang memiliki kemampuan otomatis untuk mendeteksi konten dengan plagiat yang besar.

Alhasil, konten yang terdeteksi memiliki unsur plagiat banyak, akan dideindex oleh Google. Setiap penulis konten wajib untuk memperhatikan konten asli agar menarik saat dibaca oleh pembaca. Sebab, setiap keaslian konten dalam website Anda akan mempengaruhi kualitas SEO Anda saat bekerja.

Saat ini, content creator atau content marketer harus pintar-pintar dalam membuat konten dengan topic yang sering dibahas. Kemudian, pengecekan konten dari freelance writer harus selalu dilakukan agar pengunjung dapat mempercayai konten yang Anda miliki sehingga website Anda dijadikan sebagai bahan referensi.

Namun, di Indonesia sendiri sudah dimunculkan beberapa cek plagiarism yang bisa dikses secara gratis.

5 Situs Cek Plagiarism Indonesia Jarang Diketahui

Situs cek plagiarism gratis di Indonesia

Situs cek plagiarism gratis di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan sebagai pendeteksi plagiarism online, diantaranya adalah:

1. Cek plagiarism Indonesia gratis dengan Copyscape

Cek plagiarism gratis dengan copyscape

Cek plagiarism gratis dengan copyscape

Copyscape adalah salah satu aplikasi cek plagiasi Indonesia yang bisa diakses secara gratis. Selain bisa mendeteksi plagiarism dari tuliisan, aplikasi ini juga dapat mendeteksi salinan halaman website yang terindikasi plagiat secara online dan mencegah tindakan pencurian dan penipuan terhadap konten website.

Maksudnya adalah konten yang sudah dibeli mungkin saja telah disalin oleh website lain. Masalah ini bisa menghancurkan peringkat konten Anda di hasil pencarian Google. Pengecekan tersebut bertujuan agar konten yang sudah dibuat tidak bisa dikenali sebagai tindakan plagiat. Fasilitas tersebut hanya dapat Anda gunakan jika menggunakan aplikasi berbayar. Sedangkan, untuk versi gratisnya, Anda hanya bisa melakukan pengecekan pada karya tulis saja.

Layanan lain yang disediakan oleh copyscape adalah Copyscape Premium, Premium API, Copysentry, Free Compaison Tool, dan Free Plagiarism Banner. Yang paling menarik dari layanan tersebut adalah plagiarism banner yang dapat disematkan pada halaman website Anda.

Cara mengecek plagiarism menggunakan copyscape adalah copy alamat website yang ingin Anda cek plagiasinya. Tekan paste pada kotak search yang sudah disiapkan.

Setelah klik Go, maka akan muncul halaman link yang dijadikan sebagai sumber plagiatnya.

2. Situs plagiarism menggunakan DupliChecker

Aplikasi cek plagiarism lainnya adalah duplichecker. Website ini dapat melakukan pengecekan konten plagiat dengan menyediakan halaman khusus. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda tinggal copy paste tulisan pada kotak yang disediakan ataupun langsung meletakkan URL di dalamnya.

Situs plagiarism dengan duplichecker

Situs plagiarism dengan duplichecker

Setelah itu, Anda akan mendapati informasi seberapa besar tingkat kemiripan konten Anda dengan konten yang sudah dipublikasi sebelumnya.

Jika memang konten Anda tidak terindikasi plagiasi, maka website akan memunculkan informasi “No, Plagiarism Detected!” Sayangnya aplikasi ini hanya bisa diakses satu kali dalam sehari dan memiliki batasan hanya samap 1500 kata saja.

Selain pengecekan tingkat plagiasi suatu konten, website ini juga menyediakan fitur lainnya seperti grammar, paraphrasing, keyword position checker, domain authority, backlink checker, dan fasilitas lainnya. Untuk menikmati fasilitas tersebut, Anda harus menggunakan duplichecker berbayar atau premium.

3. Plagiarism mudah dengan situs Dustball

Dustball adalah website untuk mengecek plagiasi konten yang sederhana tanpa menggunakan VPN premium pro. Saat pertama membuka dustball, Anda akan menemui kolom yang berisi perintah pengisian teks untuk dicek plagiasinya.

Selain melakukan pengecekan teks secara langsung, dustball juga bisa melakukan pengecekan terhadap dokumen yang berbentuk Microsoft Word. Langakh-langkah untuk menggunakannya pun cukup mudah, yakni dengan copy teks, lalu paste pada kotak yang sudah disediakan. Kemudian, klik tombol “Check the paper” sehingga website dapat melakukan pengecekan secara utuh pada dokumen Anda.

Hasil yang dimunculkan oleh website adalah keterangan “OK” jika tidak ada plagiasi. Sementara akan muncul kata “Plagiarism?” apabila konten Anda terindikasi plagiarism. Seperti pada aplikasi lainnya, ketika Anda melebih batas penggunakan pengecekan kata, maka akan muncul tanda peringatan “Free Limit Reached.

Batas penggunaannya adalah 1000 kata setiap hari di seluruh dunia. Jika Anda ingin menikmati fasilitas tersbeut tanpa adanya batasan, Anda diharuskan membayar untuk biaya perawatan. Pengecekan menggunakan dustball premium akan menyajikan hasil yang lebih akurat.

4. Mudah mengecek plagiarism dengan Plagtracker

Situs plagiarism dengan plagtracker

Situs plagiarism dengan plagtracker

Plagtracker merupakan website untuk mengecek sebuah konten plagiat secara lengkap. Namun, tidak seperti fitur-fitur lainnya, plagtracker tidak dapat diakses secara gratis, Anda harus menggunakan layanan berbasis premium.

Layanan yang ditawarkan adalah laporan cepat, pengecekan grammar, laporan PDF, pengecekan database, pengecekan dengan umlimited volume serta fasilitas lainnya. Hal ini dikarenakan plagtracker dikelola oleh tim professional. Tim tersebut akan melakukan pengecekan terhadap kesalahan sintaksis, dan tata bahasa.

Keunggulan lain yang ditawarkan adalah tidak adanya pembatasan kata. Anda bisa melakukan pengecekan plagiasi sampai 5000 kata.

Lihat Juga :Download Xiaomi MIUI Flash Tool All Version

5. Plagiarism tuntas dengan situs Plagscan gratis

Plagscan merupakan website yang sangat terjangkau. Aplikasi tersebut dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Plagscan memberi kesemmpatan Anda untuk berkolaborasi dengan orang lain melalui browser atau mencetak konten secara PDF.

Target utama dari plagscan adalah orang-orang di lingkungan akademisi, namun Anda juga bisa mengecek konten sebelum dipublikasikan kepada orang banyak.

Plagiarism tuntas dengan plagscan

Plagiarism tuntas dengan plagscan

Setelah mendaftar, layanan ini dapat diakses secara gratis. Untuk menggunakannya lebih lama, Anda perlu melakukan pembayaran. Pilihan pengguna yang bisa Anda gunakan adalah single user, sekolah, pendidikan tinggi atau bisnis.

Single user diperlukan guna meyakinkan bahwa konten yang telah dikutip pihak ketiga tidak mengandung plagiarism. Sedangkan pilihan sekolah bisa memudahkan siswa melakukan pengecekan plagiasi sendiri.

Caranya, buatkan akun terlebih dahulu. Setelah itu, Anda memasuki halaman yang akan digunakan untuk melakukan pengecekan. Lalu impot file dengan copy paste atau dari link web.

Tekan check dan sistem akan memrosesnya. Setelah muncul laporannya, klik report. Tulisan berwarna merah menunjukkan adanya plagiasi pada konten Anda.

Itulah tadi 5 aplikasi cek plagiarism Indonesia yang bisa dilakukan dengan mudah seperti halnya cara menghilangkan iklan di HP Android. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *