7 Cara Menggunakan Rufus Yang Mudah Tanpa Eror untuk Install Ulang

By | Juli 25, 2019

Cara menggunakan rufus dan apa yang dimaksud dengan rufus ? perlu penjelasan yang mendetail agar mudah untuk dipahami dengan baik sebagai salah satu hal yang berkaitan dengan instalasi sistem operasi. Sistem operasi dalam sebuah perangkat menurut wikipedia diartikan sebagai perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai jurik (daemon) untuk program komputer. Tanpa adanya Sistem operasi tersebut, perangkat tidak dapat menjalankan program apapun dan tidak bisa digunakan tentunya.

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai cara menggunakan rufus yang benar sehingga dapat berjalan dengan baik, lebih baik untuk mengenal terlebih dahulu fungsi dan apa itu rufus. Dengan mengentahui secara detail terkait apa itu rufus maka dapat memahami tahapan penggunaannya dengan tepat dan benar. Untuk lebih jelas mengenai apa yang dimaksud dengan rufus tersebut, perhatikan ulasan di bawah ini.

cara menggunakan rufus

Apa Itu Rufus ?

Secara definisi, Rufus adalah software atau aplikasi perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat flashdistk bootable. Flashdisk yang menjadi bootable tersebut dapat digunakan untuk menginstal sistem operasi pada sebuah perangkat secara langsung. Semua jenis sistem operasi dapat diinstal menggunakan rufus baik itu windows ataupun instal linux.

Rufus merupakan perangkat lunak atau software yang dikembangkan oleh Akeo dan dapat digunakan secara gratis atau termasuk dalam kategori Freeware. Perkembangan sistem operasi menjadikan perangkat perangkat yang terkait juga harus ikut terus berkembang sejalan dengan teknologi yang terus diperbarui termasuk rufus. Versi rufus terbaru hingga juli 2019 ini adalah versi 3.5.1497 yang menawarkan kemudahan pemakaian yang tidak sesulit ketika mempelajari seo blogspot.

Manfaat Dan Kegunaan Rufus ?

Seperti yang dijelaskan diatas, rufus merupakan salah satu software dalam aktivitas penting yang digunakan untuk menginstall sebuah sistem operasi baik windows maupun linux ke dalam sebuah perangkat. Lebih lengkapnya, manfaat dan kegunaan rufus tersebut sebagai sebuah perangkat lunak yang berkaitan dengan instalasi sistem operasi diantaranya seperti :

  1. Mempermudah proses instalasi windows dan linux sebagai sistem operasi dalam sebuah perangkat hanya dengan menggunakan Flashdisk bootable saja.
  2. Dapat dengan mudah bekerja pada semua jenis komputer dan perangkan yang memang tidak atau belum terinstall sistem operasi sekalipun.
  3. Dapat digunakan untuk membantu instalasi bios atau firmware lain pada sebuah perangkat dari DOS.
  4. Membantu memformat Flashdisk dalam tingkatan yang rendah sehingga bisa membersihkan semua data yang tidak digunakan dalam memori Flashdisk tersebut.

Cara Menggunakan Rufus Dengan Benar

Setelah memahami dengan baik apa yang dimaksud dengan rufus dan kegunaan rufus, dalam penjelasan dibawah ini kita akan mengulas mengenai cara menggunakan rufus yang baik dan benar melalui pembahasan di bawah ini.

Download Rufus

Sebelum mengikuti langkah langkah dalam cara menggunakan rufus di bawah ini, maka software rufus yang akan dimanfaatkan harus sudah tersedia dan didownload terlebih dahulu. Ada dua versi yang dapat di download dari software rufus tersebut yakni versi portable dan Installer. Dengan hanya sebesar 1 MB saja, rufus Portable banyak disarankan untuk digunakan karena lebih praktis tanpa harus di instal terlebih dahulu. Cara download rufus dapat dicari pada berbagai web penyedianya.

Cara Menggunakan Rufus

Setelah rufus yang akan digunakan sudah terdownload pada komputer atau laptop maka untuk dapat menggunakannya cukup ikuti langkah langkah yang dijelaskan di bawah ini semudah melakukan cara membuat email.

  1. Hubungkan Flashdisk ke perangkat

Cara pertama yang perlu dilakukan untuk dapat menggunakan rufus dengan baik adalah menghubungkan Flashdisk ke perangkat baik itu komputer PC maupun Laptop. Pastikan Flashdisk sudah dapat dideteksi oleh komputer atau PC yang dapat dilihat pada jendela windows.

menghubungkan flashdisk

  1. Jalankan Rufus

Setelah Flashdisk dipastikan terhubung ke komputer atau laptop maka langkah selanjutnya adalah menjalankan aplikasi rufus baik yang portable atau installer. Jika sudah dijalankan maka akan muncul menu aplikasi rufus seperti pada gambar di bawah ini. Pada kolom device, pastikan Flashdisk yang tadi digunakan sudah muncul beserta dengan kapasitasnya.

cara menggunakan rufus untuk flashdish bootable

  1. Pilih file ISO OS 

Setelah dipastikan Flashdisk terbaca oleh rufus maka langkah selanjutnya adalah memiliki file ISO dari OS atau sistem operasi yang dikehendaki. File ISO harus disimpan terlebih dahulu setelah didownload dari berbagai web penyediannya.

  1. Pengaturan Boot Selection

Pengaturan Boot Selection merupakan langkah selanjutnya dalam cara menggunakan rufus yang benar. Pada Boot Selection akan ada versi sistem operasi yang dimasukan dari file ISO diatas, lalu pada kolom partition scheme pilih MBR dan untuk target system ubah menjadi BIOS (or UEFI-CSM).

  1. Pengaturan Format Option

Setelah pengaturan Bios Selection dilalui maka tahapan selanjutnya adalah mengatur kolom format dalam menu rufus. Pada kolom volume label beri nama sesuai keinginan apapun itu, atur file system ke NTFS dan tampilkan show advance format untuk mencentang quick format serta create extended label and icon files.

  1. Mulai proses booting

Setelah semua pengaturan yang disebutkan diatas benar dan pastikan untuk memeriksanya terlebih dahulu, maka langkah akhir dari cara menggunakan rufus adalah dengan mengklik Start dan jika muncul jendela warning atau peringatan maka tekan ok. Biarkan proses booting berjalan sampai selesai.

  1. Proses selesai

Setelah booting pada software rufus tersebut berlangsung yang kurang lebih akan memakan waktu 10 – 15 menit maka Flashdisk yang dihasilkan sudah dapat digunakan untuk proses install sistem operasi pada perangkat. Untuk dapat mencatat proses yang sudah disebutkan diatas, lakukan cara membuat catatan kaki footnote di desktop laptop atau PC.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara menggunakan rufus yang perlu dipahami dengan baik termasuk apa saja fungsi fungsi yang dapat dimanfaatkan dari teknik yang berkaitan dengan instalasi sistem operasi dalam sebuah perangkat tersebut terutama untuk windows. Dalam penjelasan diatas diketahui bahwa, teknis rufus tersebut dapat memberikan kemudahan dalam instalasi sistem operasi yang digunakan dalam sebuah perangkat baik untuk instalasi baru maupun cara instal ulang windows dan tentunya menjadikan proses tersebut lebih cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *