Cara Mengatasi HP Bootloop di Semua Android

By | April 21, 2019
Cara Mengatasi HP Bootloop di Semua Android

Cara Mengatasi HP Bootloop di Semua Android – Perangkat smartphone pintar yang saat ini sudah menjadi kebutuhan primer (utama) bagi setiap orang. Salah satu alat teknologi untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui pesan, suara ataupun gambar (video call).

Namun, pada pembahasan kali ini adalah saya akan menjelaskan dan membantu Anda untuk solusi mempebaiki hp android bootloop di semua jenis dan merek seperti samsung, xiaomi, oppo, vivo, advan dan lain sebagainya. Tapi, sebelum kita memulainya, Anda juga harus mengetahui apa itu bootloop dan penyebab utamanya.

Pengertian Bootloop Pada Android

Bootloop adalah sebuah kerusakan piranti software pada smartphone android yang menyebabkan ponsel gadget tersebut tidak dapat masuk ke menu home screen (stuck di logo) dan selalu restart sendiri. Penyebabnya ada berbagai macam faktor diantaranya adalah tidak melakukan update rom, terinfeksi virus, mengganti custom rom, install mod dan lainnya.

Lihat Juga : 2 Cara Membuat Email (Gmail) Mudah dan Cepat!

Kejadian ini sangat jarang sekali terjadi apabila Anda tidak pernah melakukan oprek pada smartphone android tersebut. Karena, hal ini akan sering terjadi pada seseorang yang gemar mengganti custom rom, root, install twrp, install mod dan lain-lain.

Nah, untuk solusinya, maka kita cara yang paling ampuh untuk memulihkan ponsel tersebut adalah dengan melakukan Flashing. Dimana kamu harus menginstall software rom dengan menggunakan pc/laptop, dan ini adalah cara satu-satunya yang dapat kamu gunakan.

Penyebab HP Android Bootloop

Seperti yang sudah saya jelaskan, bahwa penyebab atau masalah yang timbul ada banyak sekali faktornya. Baik faktor yang tidak disengaja maupun di sengaja oleh kalian sendiri, jadi dibawah ini ada beberapa penyebab yang memungkinan ponsel kamu terjadi bootloop (hank).

  • Mencoba melakukan root android.
  • Mencoba menginstall custom rom yang tidak cocok.
  • Mencoba menginstall tweak/mod yang tidak cocok.
  • Mencoba menginstall twrp (custom recovery).
  • Tidak melakukan update rom.
  • dan lainnya.

Cara Mengatasi HP Bootloop di Semua Android

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, jika ponsel kamu benar-benar mengalami bootloop, maka solusi yang paling ampuh adalah dengan menginstall ulang rom (flashing) lewat pc/laptop. Tapi, sebelumnya, Anda juga harus memastikan terlebih dahulu, karena ponsel android yang dikatakan bootloop adalah tidak dapat masuk ke menu utama (home screen) dan selalu stuck di logo.

Lihat Juga : Whatsapp Transparan Apk MOD Versi Terbaru 2019

Untuk tutorial flashing, saya tidak dapat menjelaskannya lebih detail, karena saya tidak tau jenis, merek dan tipe smartphone android apa yang kamu gunakan. Cobalah cari jawaban untuk mengetahui langkah-langkah cara flashing android yang Anda gunakan saat ini, tetapi jika masih bingung mungkin dapat memberikan komentar dan saya akan segera membuatkan artikel khusus untuk kalian.

Tetapi, jika smartphone android Anda masih bisa masuk ke menu utama, namun memiliki gejala kerusakan software dan lainnya, maka dapat melakukan hard reset (setel ulang) dengan cara berikut ini.

Cara Hard Reset Smartphone Android Semua Tipe, Merek dan Jenis

Cara ini adalah solusi bagi kamu yang mengalami ponsel android lemot, terinfeksi virus, sering restart/mati sendiri dan lainnya. Tapi, perlu diperhatikan juga bahwa melakukan Hard Reset pada android dapat menghapus seluruh data yang tersimpan pada memori internal seperti foto, aplikasi, video, musik dan lain-lain.

Harap pastikan melakukan backup data terlebih dahulu apabila masih bisa dilakukan. Dan ini juga sebagai solusi cara mengatasi hp bootloop tanpa pc yang paling sederhana, dan berikut tutorialnya.

  1. Matikan ponsel, pastikan benar-benar sudah mati bila perlu cabut dan terap kembali baterai.
  2. Lalu, tekan tombol Power + Volume Down/Up secara bersamaan hingga masuk ke mode recovery.
  3. Untuk menggerakan atau memilih hanya menggunakan tombol Volume Atas / Bawah sebagai navigasi.
  4. Lalu silahkan pilih Wipe data/Factory Reset.
  5. Setelah proses wipe data selesai, pilih Wipe cache partition, konfirmasi dengan memilih Yes.
  6. Setelah semua proses sudah selesai, tinggal pilih Reboot untuk restart ponsel tersebut.
  7. Selesai, sekarang hp sudah berhasil di hard reset.

Catatan :

Proses masuk ke menu home screen membutuhkan proses yang terkadang memakan waktu yang cukup lama sekitar 30 menit paling lama. Jika melebihi waktu tersebut, sebagai solusinya Anda dapat melakukan flashing ulang dengan menggunakan pc.

Lihat Juga : Cara Setting APN Telkomsel 4G Super Cepat Terbaru 2019

Itulah artikel dari admin Maskacung.com yang dapat dibagikan untuk kalian semua mengenai penyebab, solusi dan cara mengatasi hp android yang bootloop pada semua tipe, jenis dan merek dengan sangat mudah dan sederhana. Jika, ada pertanyaan terkait artikel diatas maka dapat memberikan komentar dan admin akan dengan senang hati membantu kalian semua, terima kasih.

Cara Mengatasi HP Bootloop
Cara Mengatasi HP Bootloop di Semua Android | Maskacung.com

Bootloop adalah sebuah kerusakan piranti software pada smartphone android yang menyebabkan ponsel gadget tersebut tidak dapat masuk ke menu home screen (stuck di logo) dan selalu restart sendiri. Penyebabnya ada berbagai macam faktor diantaranya adalah tidak melakukan update rom, terinfeksi virus, mengganti custom rom, install mod dan lainnya.

Editor's Rating:
10

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *