Cara Mengucapkan Terima Kasih dalam Bahasa Korea

By | April 8, 2019
Terima Kasih dalam Bahasa Korea

Belajar Tentang Bahasa Korea Terima Kasih dan Ucapan Balasannya

Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Korea – Pada kehidupan sehari-hari, membantu atau menolong seseorang memang suatu kewajiban bagi kita. Terkadang kita juga pernah atau sering dibantu oleh seseorang, dan biasanya untuk membalasnya kita akan mengatakan “terima kasih banyak” atas bantuan atau pertolongannya.

Ucapan tersebut dapat kita katakan dengan mudah dalam bahasa Indonesia. Namun, jika kamu sedang berlibur ke korea dan belum mengetahui banyak kosakata dasar atau sehari-hari, tentu saja kita tidak akan pernah tau. Nah, sangat tepat sekali apabila kamu berkunjung pada situs ini, karena disini akan kita bahas secara lengkap.

Lihat Juga : 30+ Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea

Ada banyak sekali ucapan terima kasih bahasa korea yang dapat kita katakan kepada seseorang menggunakan bahasa korea. Kamu juga perlu mengetahui kalimat atau frasa yang bersifat halus (formal) dan kasar (informal). Berikut dibawah ini beberapa kosakata yang bisa kamu pelajari dan digunakan.

Ucapan Bahasa Korea Terima Kasih Formal

Kalimat yang formal adalah sebuah ucapan yang bersifat sopan dan biasanya digunakan pada orang yang lebih tua dari kita. Hal ini supaya kita dapat menunjukan rasa sopan santun yang tinggi terhadap seseorang yang usianya lebih tua, dan berikut dibawah ini.

1. Gomabseubnida

Katakan “gomabseubnida” untuk mengatakan ‘terima kasih’ yang bersifat formal dan bisa digunakan pada seseorang yang sudah kamu kenal tetapi memiliki derajat yang lebih tinggi darimu. Meskipun ini merupakan salah satu kalimat yang formal, tetapi bukan bentuk yang paling formal.

Penggunaan dari frasa ini pun bisa kamu ucapkan pada anggota keluarga yang lebih tua, guru, penyelia dan lain sebagainya. Akan tetapi, seperti yang sudah saya katakan bahwa ini bukan merupakan frasa yang paling formal dan bukan menjadi pilihan terbaik untuk menunjukan rasa hormat yang tinggi.

Pada kalimat ini pun dapat digunakan juga pada orang yang belum kamu kenal, terlebih lagi jika seseorang tersebut lebih tua darimu atau juga bisa menunjukan rasa terima kasih yang sangat tulus untuk teman, karena mungkin biasanya menggunakan kalimat yang informal.

Untuk pelafalan atau pengucapan dari frasa ini kamu dapat mengatakannya “koh-map-seub-ni-da” dengan penulisan hangul 고맙습니다 karena dalam pelafalan yang sebenarnya huruf ‘k’ terdengar lebih kuat daripada huruf ‘g’.

2. Kamsahamnida

Kamu dapat mengucapkan “gamsahabnida” untuk berterima kasih dalam bahasa korea yang merupakan kalimat paling formal dari frasa sebelumnya. Penggunaan dari frasa ini pun begitu populer sekali dan mungkin sudah tidak asing lagi di dengar oleh telinga kita jika kamu sering nonton drama korea.

Pada kalimat ini memiliki arti yang begitu mendalam dan tulus dan dapat diartikan sebagai “terima kasih banyak” dalam bahasa korea. Katakanlah pada seseorang yang berkedudukan lebih tinggi, sesepuh dari keluargamu, orang terpandang, orang yang belum kamu kenal tapi berusia lanjut dan lain sebagainya yang mungkin saja perlu untuk menunjukan rasa hormat yang jauh lebih tinggi.

Lihat Juga : 7 Panggilan Sayang dalam Bahasa Korea

Dalam penggunaan dan pelafalannya, kamu dapat mengatakan “kam-sa-ham-nida” dengan penulisan hangul 감사합니다 tetapi pengucapan yang sebenarnya adalah huruf ‘g’ terdengar pelan maka huruf ‘k’ yang terdengar lebih kuat.

Ucapan Terimakasih dalam Bahasa Korea Informal

Setelah kamu mengetahui frasa atau kalimat yang formal, maka selanjutnya adalah belajar untuk mengetahui kalimat yang informal. Biasanya kalimat yang informal ini hanya digunakan oleh orang yang akrab saja seperti teman, sahabat dan lainnya, dan berikut dibawah ini kalimatnya.

1. Gomawo

Mungkin pada frasa ini sudah tidak asing lagi didengar oleh telinga kita, ya memang benar karena “gomawo” artinya adalah salah satu ucapan untuk mengatakan ‘terima kasih’ menggunakan bahasa korea. Kalimat ini memang bersifat informal tetapi salah satu kata yang paling sederhana dan paling santai untuk diucapkan.

Kamu dapat menggunakan kalimat ini hanya pada orang-orang yang sudah akrab dan atau tidak mudah tersinggung. Misalkan teman, sahabat, orang yang usianya lebih muda darimu dan lain sebagainya. Untuk membuat kalimat ini sedikit terlihat lebih sopan, maka kamu dapat menambahkan ‘yo’ (요) pada akhir kalimat sehingga menjadi “gomawoyo” 고마워요.

Dalam pelafalannya kamu bisa mengatakannya dengan “komawo” karena pada huruf ‘g’ terdengar lebih pelan dan huruf ‘k’ terdengar lebih kuat. Untuk penulisannya dalam huruf hangul adalah 고마워.

2. Kamsahaeyo

Kamsahaeyo artinya adalah “terima kasih banyak” dalam bahasa korea yang merupakan kalimat informal dan dalam romanisasi yang sebenarnya adalah “gamsahaeyo”. Sebaiknya, jika kamu hendak menggunakan kalimat ini untuk menyampaikan rasa terima kasih, maka gunakan pada teman dekat atau yang sudah akrab saja.

Seperti pada kalimat sebelumnya, penambahan ‘yo’ (요) diakhir kalimat ini akan membuat frasa ini terlihat sedikit lebih sopan untuk diucapkan, tetapi bisa dihilangkan jika kondisi atau situasi sedang santai. Untuk pelafalannya kamu bisa mengatakan “kam-sa-hae-yo” karena pada huruf ‘g’ terdengar pelan dan huruf ‘k’ terdengar lebih kuat.

Cara Menjawab Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Korea

Jika sebelumnya kita sudah belajar mengenai beberapa kalimat untuk mengatakan thank you dalam bahasa korea, maka yang selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara menjawab ucapan tersebut. Ucapan bahasa korea sama-sama atau terima kasih banyak memang dibutuhkan, dan berikut dibawah ini kalimatnya.

1. Gwenchana

Gwenchana artinya adalah “tidak apa-apa” dalam bahasa korea, dan pada kalimat ini merupakan kalimat untuk menolak suatu tawaran atau pertolongan yang cukup sopan. Dalam penulisan hangulnya adalah 괜찮아 dan untuk pelafalannya kamu dapat mengucapkannya “kwenchana”.

Lihat Juga : 10 Ucapan Bahasa Korea Selamat Malam dan Artinya

Untuk membuat kalimat ini lebih sopan lagi kamu dapat menambahkan ‘yo’ (요) pada akhir kalimat atau menambahkan “aniyo” 아니오 di depan kalimat sehingga menjadi “aniyo, kwenchanayo” yang dapat diartikan sebagai “tidak, terima kasih”.

2. Anieyo

Anieyo artinya adalah “tidak” akan tetapi jika diterjemahkan secara harfiah memiliki arti “bukan itu”. Ini merupakan kalimat untuk membalas ucapan tersebut dan dapat diartikan sebagai “terima kasih kembali”.

Pada penggunaan kalimat ini cukup populer dan sangat sering digunakan terutama dinegara asalnya. Untuk pelafalannya kamu dapat mengatakannya “aniyo” dan dalam huruf hangeulnya adalah 아니요.

Jika kamu hendak ingin belajar bahasa korea, maka hal yang paling penting adalah kuasai terlebih dahulu hangul (huruf korea) terlebih dahulu, supaya dapat mengerti bagaimana cara menulis dan membacanya. Kemudian setelah sudah pandai pada hangeul, maka selanjutnya adalah mencari lebih banyak kosakata sehari-hari yang bisa kamu cari pada kamus dan lain sebagainya.

Itulah ulasan dari admin Maskacung.com yang dapat disampaikan untuk kalian semua yang ingin tahu bagaimana cara mengatakan terimakasih dalam bahasa korea yang lengkap dengan cara menjawab ucapan tersebut. Semoga dari ulasan artikel ini dapat memberikan banyak manfaat dan membantu untuk Anda semuanya, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *