Update! 10 Rahasia Cara Optimasi SEO Video Youtube agar No. 1

By | April 19, 2019

Cara Optimasi SEO Video Youtube

Teknik Jurus Ampuh Untuk Optimasi Channel dan Video Youtube agar No. 1

Optimasi Channel dan Video Youtube dengan SEO – Youtube Merupakan sebuah situs bagian dari Google dimana setiap orang dapat menemukan berbagai macam video sesuai yang mereka cari. Saat ini, banyak sekali orang yang menjadi Youtuber dan sudah membangun channel, tetapi masih sepi yang nonton videonya.

Menjadi seorang youtuber itu bisa dikatakan “susah-susah gampang” karena yang harus kita perhatikan dalam membangun channel youtube adalah kualitas dari konten video yang kita unggah sampai dengan Optimasi SEO yang kita gunakan.

Tidak heran jika saat ini banyak sekali orang yang ingin membuat dan membangun channel youtube, karena bisa menjadi penghasilan tambahan ataupun penghasilan tetap hanya dengan mengupload video yang menarik saja. Namun, supaya video yang kita upload mempunyai banyak viewer dan pengunjung, maka diperlukan sebuah teknik dan cara rahasia supaya berada di posisi teratas halaman youtube dengan keyword (kata kunci) yang kita gunakan.

Selain dapat meningkatkan viewer (penonton) juga dapat meningkatkan jumlah subscriber pada channel Anda, sebelum itu Anda juga harus mengikuti panduan Content Creator dari youtube. Nah oleh sebab itu, maka Anda dapat menerapkan teknik dibawah ini untuk channel youtube Anda.

Cara Ampuh Optimasi SEO Channel dan Video Youtube

Membuat dan membangun channel youtube itu sangat mudah, namun untuk membuatnya agar ramai dengan pengunjung itu sulit. Diperlukan kesabaran yang tinggi, karena untuk berada di posisi teratas di youtube dengan keyword yang sudah kita tentukan itu memerlukan banyak waktu yang terbilang relatif, bisa lebih cepat atau lebih lama.

Karena pada dasarnya, Youtube hampir sama seperti Google, keduanya memiliki robot dan algoritma masing-masing untuk menyesuaikan konten mana yang paling tepat untuk ditampilkan dan direkomendasikan pada youtube. Nah, hal yang perlu Anda perhatikan dan diterapkan adalah sebagai berikut ini.

1. Tentukan Niche Kategori Channel Youtube

Niche atau kategori (tema) dari channel youtube adalah suatu hal yang harus pertama kali Anda terapkan sebelum membuat channel. Buatlah tema youtube yang sesuai dengan kemampuan Anda atau juga dari hobi Anda. Misalkan Anda memiliki hobi memasak, maka jadikan hobi memasak Anda menjadi sebuah niche dari channel itu sendiri.

Lihat Juga : 40 Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat Terbaru yang Lagi Hits 2019

Memiliki channel youtube yang hanya dengan 1 tema kategori atau niche akan jauh lebih bagus dibandingkan dengan gabungan atau channel gado-gado. Karena jika kita memfokuskan pada satu kategori saja, maka subscribe akan jauh lebih menyukai dan akan sering melihat video yang baru diupload oleh channel itu sendiri.

Selain itu, kita juga akan jauh lebih mudah dalam membuat konten video karena niche yang kita terapkan pada channel itu sendiri merupakan suatu hobi atau kegiatan sehari-hari. Anda hanya perlu merekamnya saja dan berikan sedikit editan supaya lebih menarik.

Namun, jika Anda ingin menerapkan lebih dari satu niche atau kategori dari channel, maka sebaiknya buatlah channel baru dan jangan dicampur menjadi satu.

2. Buat Video Yang Original dan Menarik

Kualitas konten video adalah hal paling penting, kebanyakan youtuber baru atau yang baru saja memulainya tidak memperhatikan kualitas konten dari video yang diupload. Ini merupakan kesalahan yang sering diterapkan pada youtuber baru dan pemula, terkadang mereka asal untuk mengupload video atau juga mengupload ulang video dari channel lain (reupload).

Membuat konten yang menarik dan original adalah suatu hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Jangan pernah sesekali melakukan reupload video dari channel lain, karena akan berdampak buruk bagi reputasi channel hingga berujung pada penghentian saluran youtube (banned).

Saran dari saya adalah kamu buat video yang berdurasi panjang setidaknya diatas 10 menit dengan kualitas dari resolusi video minimal 360p, 720p dengan kualitas HD. Karena robot youtube semakin canggih dan pintar yang dapat menyeleksi konten video mana yang paling sesuai untuk ditampilkan dihalaman pertama atau di rekomendasikan oleh video lainnya.

3. Optimasi File Video

Sebelum Anda mengupload konten video ke youtube, maka hal yang perlu diperhatikan adalah kualitas dari format video itu sendiri. Buatlah format yang paling bagus dengan resolusi tinggi atau HD, karena itu jauh lebih bagus.

Karena jika kualitas HD maka suara akan semakin lebih jernih dan jelas terdengar, tidak mengandung noise. Format dari file itu sendiri bervariasi, seperti MP4, MPEG dan lainnya. Selain itu juga, Anda harus memberikan nama dari file video itu sendiri contohnya “cara-memasak-sayur-asem.mp4”.

4. Riset Keyword / Kata Kunci

Dalam Optimasi SEO Video Youtube agar supaya dapat tayang di halaman pertama dan direkomendasikan pada video lainnya adalah dengan melakukan riset keyword (kata kunci). Ini adalah hal yang paling penting jika channel Anda bukan dari kategori yang viral.

Untuk alat atau tools saya tidak bisa merekomendasikannya, karena ada banyak sekali alat untuk melakukan riset keyword yang dapat kamu gunakan. Carilah keyword yang sangat potensial untuk mendapatkan banyak pengunjung dan sangat disarankan untuk menggunakan keyword yang tingkat pesainnya rendah apabila channel Anda masih baru.

Tips dan saran dari saya adalah, silahkan kamu cari keyword utama terlebih dahulu untuk menentukan sebuah judul dari konten video dan juga keyword turunan lainnya untuk mendukung kata kunci utama sehingga menjadi lebih relevan.

Lihat Juga : Update! Trends SEO Google Terbaru 2019

Misalkan kata kunci utamanya adalah “memasak sayur asem” lalu kamu juga harus mencari keyword turunan dari kata kunci utamanya seperti “cara memasak sayur asem yang enak” dan lain sebagainya. Semakin banyak keyword yang terkait erat maka akan semakin bagus.

5. Optimasi Judul Video

Setelah Anda sudah mengumpulkan dan menentukan keyword utamanya, maka selanjutnya adalah menempatkannya pada judul dari video yang akan di upload. Buatlah judul yang mengadung kata kunci yang sudah ditentukan dan berikan sedikit kata supaya lebih menarik dan memberikan orang lain rasa penasaran dari judul tersebut.

Karena pertama kali yang orang lihat adalah sebuah judul terlebih dahulu, oleh sebab itu kita juga harus benar-benar memberikan daya tarik dengan menggunakan judul. Contohnya adalah “Resep Rahasia Cara Memasak Sayur Asem yang Enak” dari judul tersebut kita bisa melihatnya sendiri bahwa mengandung kalimat yang membuat rasa penasaran dan daya tarik dari kata ‘resep rahasia’ sehingga pengunjung akan melihatnya.

Saran dari saya adalah buatlah judul yang menarik dan mengundang rasa penasaran dan jangan terlalu berlebihan. Maksudnya adalah Anda harus membuat judul yang sesuai dengan konten video yang diupload, karena rata-rata youtuber pemula memberikan judul yang mengadung ‘click bait’ dan tidak sesuai dengan video yang diupload.

6. Optimasi Deskripsi Video

Optimasi SEO Video Youtube yang selanjutnya adalah memberikan deskripsi pada video dan berikan keyword disana. Hal penting dalam membuat deskripsi pada konten video adalah jangan melakukan spam keyword, karena akan berdampak buruk dan video Anda mungkin tidak akan mendapatkan banyak viewer / pengunjung.

Deskripsi dari video yang akan kamu upload adalah dengan memberikan keterangan dari video itu sendiri dengan sebuah tulisan. Buatlah deskripsi yang menarik dan padat berisi, contohnya memberikan langkah-langkah dari ‘cara memasak sayur asem’ dan juga bumbu-bumbu apa saja yang digunakan.

Tips dan saran untuk membuat deskripsi video youtube yang baik adalah menyusun kata kunci yang sudah di kumpulkan dan buatlah deskripsi yang singkat, padat dan jelas. Tidak perlu melakukan spam keyword (pengulangan kata kunci) karena robot pada youtube jauh lebih pintar dan bisa membaca setiap kata yang tersusun pada deskripsi itu sendiri.

7. Optimasi Tag pada Video

Tahapn selanjutnya untuk Optimasi SEO Youtube adalah memberikan tag pada video yang akan di upload. Sebaiknya gunakan keyword yang sudah Anda kumpulkan dan letakan semua di dalam ‘tag’. Untuk membuat video akan lebih mudah di temukan dan juga mendapatkan fitur ;rekomendasi’ dari video lainnya adalah memberikan keyword pada tag itu sendiri.

Semakin banyak akan semakin bagus, tetapi jika berlebihan akan semakin buruk. Jadi saran dari saya adalah kamu dapat memberikan 10 tag saja dalam satu video, karena jika lebih dari itu maka kemungkinan besar robot youtube akan menganggapnya sebagai spam.

8. Buatlah Thumbnail yang Menarik

Thumbnail adalah sebuah gambar yang akan dijadikan sampul halaman depan dari video Anda. Selain melihat judul, orang juga akan melihat dari sampulnya, oleh sebab itu Anda juga harus benar-benar memperhatikan ini. Untuk membuat thumbnail yang menarik itu mudah, tidak perlu menguasai ilmu photoshop juga bisa.

Buatlah thumbnail dari gambar yang diambil dari video itu sendiri lalu diberikan sedikit editan dengan menambahkan teks dan beberapa efek lainnya supaya terlihat lebih bagus dan menarik.

9. Bagikan Video ke Orang Lain

Membagikan (share) video ke orang lain melalui sosial media atau lainnya adalah sebuah nilai tambah dari bagian Optimasi SEO Video Youtube selanjutnya. Karena ini adalah hal yang tidak wajib tapi direkomendasikan, sebab dengan membagikan video ke orang lain maka potensi untuk mendapatkan viewer akan lebih banyak, terlebih lagi jika video itu menjadi viral.

10. Update Video yang Terjadwal

Untuk dapat meningkatkan banyak pengunjung di youtube adalah dengan melakukan update rutin pada channel youtube itu sendiri. Tidak perlu setiap hari, asalkan sudah terjadwal saja, misalkan 2 hari 1x atau satu minggu sekali. Ini adalah bagian dari Optimasi Channel Youtube yang memang sangat penting dan perlu diperhatikan.

Lihat Juga : Cara Setting APN Telkomsel 4G Super Cepat Terbaru 2019

Karena semakin Anda sering mengupload video, maka akan semakin besar peluang mendapatkan banyak viewer dan subscribe. Sebab dengan kita sering mengupload video, maka akan semakin sering robot youtube untuk merayapi channel dan video kita, tetapi tetaplah fokus terhadap niche (kategori/tema) dari channel yang Anda bangun.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari teknik cara seo youtube diatas adalah Anda harus benar-benar memperhatikan kualitas dari konten video yang akan di upload. Karena konten adalah segalanya, buatlah sebuah video yang orisinil hasil karya sendiri bukan dari orang lain (reupload).

Selain itu juga Anda harus benar-benar fokus dalam satu kategori niche saja, jangan pernah mencoba untuk mengupload konten video yang tidak relevan, karena dampaknya akan menjadi kurang baik di mata penunjung. Selain itu juga Anda harus memberikan dan menyajikan video yang menarik dan mengandung manfaat bagi pengunjung dan subscriber.

Demikian itulah ulasan artikel yang dapat admin Maskacung.com bagikan untuk kalian semua mengenai cara optimasi seo video channel youtube agar berada di posisi teratas hasil pencarian dan mendapatkan banyak viewer, like dan subscribe.

Apabila ada pertanyaan terkait dari ulasan artikel ini, maka dapat memberikan komentar dibawah ini. Admin akan senang hati membalas setiap pertanyaan dari Anda, terima kasih.

Cara Optimasi SEO Video Youtube
Update! 10 Rahasia Cara Optimasi SEO Video Youtube agar No. 1 | Maskacung.com

SEO Video dan Channel Youtube adalah merupakan bagian yang paling penting untuk membangun dan mengembangkan sebuah saluran channel youtube. Teknik dan Cara Optimasi SEO yang diterapkan juga harus sesuai, supaya bisa mendapatkan viewer, like dan subscribe.

Editor's Rating:
10

2 thoughts on “Update! 10 Rahasia Cara Optimasi SEO Video Youtube agar No. 1

  1. Made Gelgel

    salam kenal, mau tanya, video saya baru ada sekitar 4, tapi saya lihat ada channel dengan 1 video saja, tapi kenapa view bisa puluhan ribu ya? mohon bantuan makasih

    Reply
    1. Azis Revaries Post author

      1 video mngkin tanpa kita sadar untuk optimasinya bagus baik dari keyword pada judul, deskripsi dan tag. Tapi, Youtube sama halnya seperti google, dimana memiliki robots untuk merayapi seluruh konten dan memilih konten mana yang paling baik untuk diberikan kepada penggunanya.

      Meskipun video tersebut tidak teroptimasi dengan baik dan benar, baik pada judul, deskripsi dan tag, youtube juga tetap akan merayapi video tersebut dan akan menampilkannya ke publik.

      Bagi channel youtube yang baru dibuat, untuk mendapatkan banyak viewer & subscribe, sebaiknya harus di optimasi semaksimal mungkin dan juga lakukan update terjadwal, meskipun tidak setiap hari. Buatlah banyak orang tertarik dengan video dari channel tersebut, karena orang akan lebih menyukai video yang penuh dengan manfaat dan juga cara membawakan video itu kepada orang lain apabila jenis video pribadi seperti vlog, dll.

      Gaya bicara dan pembawaannya akan menjadi ciri khas khusus dari channel tersebut, ketika si pembawa disukai oleh banyak orang maka akan terus bertambah popularitasnya, bisa kita lihat contoh youtuber vlog, mereka memiliki ciri khas sendiri cara membawakan vlog mereka.

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *