Cara Sharing Printer Lewat LAN Dan Wifi Untuk Windows 7,8,9,10 maupun XP

By | Juli 30, 2019

Bagaimana Cara sharing printer yang benar ? yang penjelasannya akan diurai dalam artikel kali ini. Salah satu kebutuhan yang banyak diperlukan agar proses printing menjadi lebih mudah ketika printer tersebut tidak digunakan secara pribadi atau hanya ada satu printer dengan banyak pengguna adalah sharing. Sharing printer menjadi salah satu cara yang dapat membantu memudahkan kebutuhan untuk mencetak dokumen sehingga tidak membuang waktu secara percuma atau harus ribet memindahkan file terlebih dahulu.

Keunggulan sharing printer menjadikan kebutuhan akan pengetahuan terkait cara sharing printer sangat diperlukan. Sharing printer merupakan salah satu teknologi yang memudahkan untuk menjalani aktivitas dengan efektif dan membantu menjadikan suatu proses yang dulunya harus dijalani dengan ribet dapat terselesaikan melalui jalan yang simpel meskipun ternyata banyak orang yang belum mengetahui bagaimana melakukan sharing printer tersebut.

Cara Sharing Printer Melalui Jaringan

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk sharing printer ke komputer lain yang perlu dipahami langkah langkah pengaturan printer sehingga dapat menjadikan satu buah printer dapat digunakan oleh banyak komputer atau banyak user. Cara sharing printer yang paling mudah adalah melalui dua pilihan yakni lewat LAN atau WIFI yang secara detail dijelaskan dibawah ini.

Cara sharing printer melalui LAN

Cara yang dapat dilakukan untuk menjadikan printer memberikan akses sharing dalam penggunannya sehingga dapat dipakai oleh banyak orang melalui jaringan LAN. LAN atau local area network merupakan jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah kecil saja. Memanfaatkan jaringan LAN untuk sharing printer lebih memberikan keuntungan dengan biaya yang minim serta hampir sama mudahnya dengan cara membuat email. Untuk dapat melakukan sharing printer maka ikut beberapa langkah yang disebutkan dibawah ini.

  1. Buat agar setiap komputer terhubung dengan jaringan LAN
  2. Cara menghubungkannya paling mudah adalah menggunakan router dalam jaringan internet sehingga setiap komputer memiliki IP tersendiri.
  3. Setelah terhubung maka langkah selanjutnya adalah melakukan settingan sharing yang sama dengan penjelasan dalam mengatur setting printer agar dapat sharing di bawah.
  4. Jika setiap komputer dalam satu jaringan LAN yang sama maka ketika sharing printer dibuka dapat langsung terhubunga satu sama lain.

Cara sharing printer melalui WIFI

Selain melalui jaringan lokal atau LAN, jenis jaringan lain yang juga dapat digunakan sebagai penghubung antaranya satu printer dengan banyak komputer adalah dengan menggunakan WIFI. Wireless Fidelity yang merupakan sekumpulan standar dalam jaringan lokan nirkabel atau wireless (WLAN). Arti paling sederhananya adalah jaringan internet dalam area tertentu. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk sharing printer melalui jaringan WIFI diantaranya seperti dalam penjelasan dibawah ini.

  1. Lakukan sharing printer seperit dalam cara sharing printer diwindows pada panjelasan dibawah.
  2. Komputer client dan komputer server harus memiliki driver printer yang akan digunakan.
  3. Sharing wifi dapat dilakukan dengan cara memasukan IP adress komputer server ke komputer client pada menu Run dan kemudian klik ok maka otomatis dapat terhubung dengan komputer server untuk sharing printer.

cara sharing printer dengan wifi

Cara Sharing Printer Di Windows

Kebanyakan komputer kantor maupun rumah menggunakan sistem operasi windows dengan tipe atau jenis yang berbeda. Untuk melakukan setting printer agar dapat digunakan bersama tentu harus dipahami dan disesuaikan dengan sistem operasi atau OS yang dipakai. Untuk memudahkan mengingat cara sharing printer maka buatlah catatan di komputer melalui cara membuat catatai kaki footnote. Berikut penjelasan mengenai pengaturan cara untuk sharing printer dari dua jenis windows yang berbeda yakni windows XP dan Windows terbaru (7,8,9,10).

Cara sharing printer di Windows XP

Windows XP meskipun sudah cukup jadul dan ketinggalan jaman fiturnya, masih saja menjadi sistem operasi yang banyak digunakan. Untuk dapat menyambungkan sharing internet untuk komputer dengan sistem windows XP adalah sebagai berikut ini :

  • Buat server komputer untuk printer yang akan disharing dengan cara buka control panel lalu pilih printer and faxes, klik kanan pada pinter yang akan disharing dan tekan sharing. Pada tab sharing properties pilih share this printer lalu beri nama untuk printer, pilih just enable file and printer sharing jika ada permintaan untuk CD windows.
  • Setelah server dibuat maka pengaturan dilakukan pada printer client atau yang akan menggunakan sharing tersebut yakni dengan langkah berikut :
    1. Buka control panel lalu pilih menu printer and faxes dan pilih Add A printer.

cara sharing printer windows XP

    1. Pilih window Add Printer Wizard lalu tekan next
    2. Pilih jenis printer yang akan digunakan lalu klik next
    3. Browse printer dalam jaringan yang tadi sudah disediakan oleh server lalu klik next.
    4. Jika ada pertanyaan untuk menjadikan printer tersebut sebagai printer utama, pilih ok.

Cara sharing printer di Windows 7, 8, dan 9

Selain windows XP, pilihan sistem operasi komputer lainnya yang biasa digunakan diperkantoran maupun lembaga pendidikan tentunya adalah windows yang baru seperti windows 6, 8, dan 9. Berikut cara yang dapat dilakukan untuk berbagi penggunaan printer dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Buka control panel dan pilih Network and Internet

cara sharing printer windows 7

  1. Pilih network and sharing center
  2. Pada bilah sebelah kiri, pilih menu change advance sharing settings
  3. Lalu pilih tanda centang pada menu turn on file and printer sharing
  4. Dengan centang tersebut maka aktivasi sharing printer sudah berlangsung pada komputer dalam satu jaringan.
  5. Setelah selesai, buka kembali control panel dan pilih menu hardware and sound kemudian klik menu view device and printers.
  6. Klik kanan printer yang akan disharing lalu pilih see what’s printing.
  7. Pilih menu printing lalu klik sharing dan pada jendela sharing tersebut klik tombol change sharing options lalu centang share this printer dan klik ok.
  8. Dengan langkah diatas maka printer dapat diakses oleh komputer lain dalam satu jaringan

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara sharing printer yang perlu diperhatikan dengan baik agar proses untuk membagi user yang dapat menggunakan satu printer bisa dilakukan sebenarnya tanpa mengalami kendala yang berarti dalam setiap PC atau komputer, yang belum paham dengan apa itu PC ? dapat mempelajarinya dalam artikel tersebut. Untuk lebih membantu memahami cara yang disebutkan diatas maka dapat dengan langsung mempraktekannya secara langsung pada hardware printer dan komputer yang sudah ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *