Pengertian dan Fungsi Gelas Ukur Laboratorium

By | April 19, 2019
Fungsi Gelas Ukur

Belajar Memahami dan Mengenal Fungsi Gelas Ukur pada Laboratorium

Pengertian dan Fungsi Gelas Ukur adalah merupakan salah satu alat untuk mengukur cairan pereaksi/reagen untuk menganalisa bahan kimia kualitatif atau untuk pembuatan larutan standar/sekunder pada analisa titrimetri/volumentri.

Bentuk gelas ukur sendiri bervariasi ada yang bentuknya seperti corong sampai dengan gelas yang memiliki ukuran volume mililiter yang bervariasi. Terkadang orang tidak bisa membedakan antara gelas ukur dan gelas kimia.

Perbedaannya adalah terletak pada fungsinya masing-masing. Gelas ukur hanya digunakan untuk mengukur cairan, sedangkan untuk gelas kimia hanya digunakan untuk menampung cairan kimia.

Lihat Juga : Bentuk – Bentuk Surat: Pengertian, Jenis dan Contohnya

Gelas ukur biasanya terbuat dari bahan ‘polypropylene‘ karena memiliki daya tahan terhadap zat kimia sangat baik dan bagus. Sedangkan untuk gelas yang berwarna transparan biasanya menggunakan bahan ‘polymethylpentene ‘ yang terbuat dari kaca dan memiliki kekurangan pada bahan ini, karena mudah rapuh dan tidak disarankan untuk mengukur cairan zat kimia panas.

Cara Menggunakan Gelas Ukur

fungsi gelas ukur

Setelah kamu sudah mengetahui dari penjelasan apa yang dimaksud dengan gelas ukur dan fungsi-fungsinya maka selanjutnya kita akan belajar menggunakan salah satu alat yang ada dilaboratorium tersebut, berikut dibawah ini.

#1 Untuk Mengukur Volume Larutan Yang Tidak Berwarna
Anda harus memperhatikan terlebih dahulu batas ‘meniskus cekung’ yang ada dibagian bawah. Gelas ukur harus diletakkan pada daerah yang datar dan meniskus dan diletakan sejajar dengan mata.

#2 Untuk Mengukur Volume Air Raksa
Anda harus memperhatikan terlebih dahulu batas ‘meniskus cembung’ yang dapat dilihat sejajar dengan mata dan meletakan gelas tersebut pada bidang daerah yang rata.

Cara Membaca Volume Skala Gelas Ukur

fungsi gelas ukur

Supaya dapat membaca skala volume angka pada gelas ukur lebih baik di letakkan pada media yang sejajar seperti meja atau benda apapun yang rata. Posisi mata juga harus sejajar dengan permukaan larutan yang di tuangkan dan disesuaikan dengan ukuran yang tertera, sehingga akurasi ketelitian pada penglihatan lebih besar.

Kesimpulan dari Pengertian dan Fungsi Gelas Ukur

Kesimpulannya, gelas ukur adalah salah satu alat laboratorium yang digunakan untuk mengukuran volume atau takaran benda cair dengan akurasi rendah. Bisa juga digunakan untuk mengukur volume takaran benda padat, misalkan tepung, telur, gula dan lain sebagainya.

Ciri khusus yang terdapat pada alat tersebut bisa kita lihat pada bagian sisi dinding yang memiliki volume atau skala yang bervariasi dan tergantung untuk keperluan dan kebutuhan anda.

Lihat Juga : Majas Metafora adalah: Pengertian dan Contohnya

Demikian ulasan informasi yang dapat saya sampaikan untuk kalian semua mengenai penjelasan lengkap dari pengertian dan fungsi pada gelas ukur yang bisa kalian pelajari dan dipahami. Semoga dari ulasan informasi ini dapat membantu dan memberikan banyak manfaat untuk kalian semua, terima kasih.

Pengertian dan Fungsi Gelas Ukur Laboratorium
Pengertian dan Fungsi Gelas Ukur Laboratorium | Maskacung.com

Pengertian dan Fungsi Gelas Ukur adalah merupakan salah satu alat untuk mengukur cairan pereaksi/reagen untuk menganalisa bahan kimia kualitatif atau untuk pembuatan larutan standar/sekunder pada analisa titrimetri/volumentri.

Editor's Rating:
9

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *