Pengertian, Sejarah dan Arti Bhineka Tunggal Ika Secara Umum

By | April 8, 2019
Pengertian dan Arti Bhineka Tunggal Ika

Belajar Mengenal Lebih dalam Dari Semboyan Indonesia: Pengertian, Sejarah dan Arti Bhineka Tunggal Ika

Arti Bhineka Tunggal Ika adalah sebuah semboyan negara kebangsaan Indonesia yang berarti “berbeda-beda tapi tetap satu”. Jika kamu mengingat-ingat kembali saat masih duduk di bangku sekolah dasar, pasti sudah tidak asing lagi untuk di dengar.

Ini merupakan sebuah semboyan yang melengkat pada diri bangsa negara Indonesia, khususnya pada masyarakatnya. Terlihat dengan jelas pada lambang Garuda Pancasila yang bisa kamu lihat sendiri pada bagian pita tepat dibawah kaki burung garuda itu sendiri.

Untuk meningkatkan rasa nasionalisme terhadap negara, kita juga perlu mengetahui banyak sejarah-sejarah di Indonesia. Karena dalam berkehidupan kebangsaan, kita harus berbagi satu sama lain tanpa pernah memandang apapun dari orang lain.

Lihat Juga : Majas Metafora adalah: Pengertian dan Contohnya

Nah untuk mengenal lebih dalam lagi mengenai semboyan negara kita Indonesia, maka dapat menyimak dan membacanya lebih lanjut yang akan saya jelaskan lebih dalam dibawah ini.

Sejarah dari Semboyan Bhinneka Tunggal Ika

Dalam sejarahnya, bhineka tunggal ika pertama kali dimuat dalam sebuah karya seni yang berjudul “Kekawin Purusadasanta” di tulis oleh Mpu Tantular pada abad ke 7 di masa kerajaan Majapahit. Dibuatnya sebuah karya tersebut untuk menyatukan perbedaan pada agama besar pada saat itu, yakni Budha dan Hindu.

Salah satu kalimat yang terkandung dalam karya tersebut adalah “Rwaneka dhatu winuwus Buddha Wisma, Bhinneki rakwa ring apan kena parwanosen, Mangka ng Jinatwa kalawan Siwatatwa tunggal, Bhinneka Tunggal Ika tan hana dharma mengrwa”.

Memiliki arti “Bahwa agama Budha dan Hindu (Siwa) tetapi nilai dari kebenaran Jina (Buddha) dan Siwa adalah tunggal. Tercepah belah, tetapi satu jua, artinya tidak ada dharma yang mendua”.

Mohammad Yamin, adalah seorang tokoh pahlawan Indonesia yang mengusulkan bahwa Bhineka Tunggal Ika dijadikan sebagai moto atau Semboyan Indonesia. Usulan ini pun di terima oleh presiden pertama Indonesia, Soekarno Hatta dan ikut serta dalam pembahasan dalam sebuah rapat BPUPKI.

Pengertian dan Arti Bhineka Tunggal Ika Secara Umum

Seperti yang sebelumnya telah saya jelaskan bahwa Bhineka Tunggal Ika memiliki arti “berbeda-beda tapi tetap satu” dan memiliki makna dan maksud untuk menyatukan banyak perbedaan keragaman dan budaya yang ada di Indonesia, seperti bahasa, budaya, agama, suku dan lain sebagainya.

Memiliki 3 suku kata dasar yaitu “bhineka” yang artinya ‘keragaman’ lalu “Tunggal” yang artinya ‘satu’ dan “Ika” yang artinya adalah ‘itu’. Nah, jadi ketika digabungkan menjadi sebuah kalimat maka memiliki arti “berbeda-beda tapi tetap satu jua”.

Kesimpulan dari Semboyan Indonesia

Bagi negara Indonesia, kalimat ini merupakan sebuah semboyan yang harus ada pada diri kita, untuk meningkatkan rasa nasionalime terhadap negara dan sebagai kalimat untuk ‘pengikat’ atau ‘pemersatu’. Meskipun banyak perbedaan, namun kita tidak boleh terpecah belah atau terprovokasi oleh orang lain, karena kita memiliki semboyan yang sangat penting.

Bukan hanya itu saja, kita juga tidak boleh memandang rendah terhadap orang lain, jadikan bangsa ini lebih maju dengan cara meningkatkan rasa nasionalisme dan menyatukan semua perbedaan yang ada di dalam Negara Indonesia.

Lihat Juga : Bentuk-Bentuk Surat: Pengertian, Jenis dan Contohnya

Baiklah, mungkin hanya itu saja yang dapat admin Maskacung.com bagikan untuk kalian semua mengenai pengertian dan arti dari bhineka tunggal ika yang dapat kamu pelajari dan terapkan pada diri kamu sendiri. Semoga dari ulasan artikel ini dapat membantu dan memberikan banyak manfaat bagi kalian semuanya, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *