Pengertian Dasar Negara: Fungsi dan Manfaatnya

By | April 19, 2019

Pengertian Dasar Negara

Belajar Mengenal Dasar – Dasar Negara Lengkap dengan Fungsi dan Manfaatnya

Pengertian Dasar Negara adalah sebuah pandangan, pondasi, pola, sikap hidup manusia yang tidak dapat dibuktikan kebenaran maupun kesalahannya. Sebagai suatu dasar yang mungkin sering kita lihat dan pahami yang sebagai suatu pondasi atau landasan untuk tempat berpijaknya ‘sesuatu’.

Sesuatu yang dimaksud ini ada banyak, contohnya adalah pada saat anda membangun sebuah hunian/rumah dan jika tidak dilengkapi dengan pondasi dasar maka tentu saja rumah tersebut tidak akan berdiri kokoh. Sama halnya pada manusia, jika tidak memiliki pondasi untuk hidup, maka dalam berkehidupan sosial akan mudah untuk tumbang.

Lihat Juga : Pengertian, Sejarah dan Arti Bhinneka Tunggal Ika

Dalam negara juga bisa dikatakan sebagai “rumah” bagi masyarakat yang tinggal didalamnya, jadi semakin kuat pondasi yang mereka tetapkan maka akan semakin kuat pula negaranya. Dasar negara juga merupakan sebuah filsafat (Political Philosophy) yang berkedudukan sumber dari berbagai sumber hukum atau tata tertib negara.

Pengertian Dasar Negara Secara Umum

Dasar negara berasal dari bahasa Belanda yaitu Philosophische Grondslag yang memiliki arti “Philosophische” berarti filsafat, “Gronds” berarti dasar/landasan dan “Lag” berarti norma. Lalu dalam bahasa Jerman yaitu Weltschauung dimana dapat diartikan sebagai sebuah kata “pandangan dasar” dimana diatasnya didirikan sebuah negara.

Dasar negara merupakan suatu kehidupan dalam berkehidupan dalam negara. Sebuah suatu dasar yang dapat digali dari jiwa bangsa maupun budaya bangsa itu sendiri. Setiap negara yang ada didunia ini, pasti memiliki dasar-dasar negara tersendiri.

Dasar negara juga dapat diartikan sebagai untuk menerapkan dan menata penyelenggaraan negara itu sendiri. Indonesia pun memiliki dasar negara, yaitu Pancasila sebagai pondasi untuk menata masyarakat dalam berkehidupan kenegaraan yang ditulis dalam teks pancasila.

Diambil dari filosofi hidup negara yang berkedudukan sumber tata tertib hukum dan atau sumber dari hukum maupun segala sumber hukum lainnya dalam negara. Dasar negara juga merupakan suatu pondasi yang wajib ada pada setiap negara untuk menciptakan sebuah negara yang taat pada tata tertib dan peraturan sebagai salah satu tujuan untuk terbentuknya negara yang kuat.

Pengertian Dasar Negara Menurut Para Ahli

Dasar Negara merupakan suatu peringkat yang mempunyai kekuasaan dalam menjalankan eksploitasi atau penindasan kepada kelas yang lain.

Menurut Marl Marx

Dasar Negara adalah suatu atau sebuah organisasi dengan kekuasan suatu kelompok orang yang bertempat di suatu wilayah tertentu.

Menurut George Jellinek

Dasar Negara adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi dalam menjaga kemerdekaan setiap individu & ketertiban hidup rakyat negaranya.

Menurut J. J. Rousseau

Dasar Negara adalah bentuk asosiasi yang memiliki peran penting dalam melindungi atau menjaga ketertiban bermasyarakat sesuai dengan sistem hukum yang berlaku & dijalankan pemerintah yang berkuasa memberi tekanan maupun memaksa.

Menurut Robert M. Mac. Iver

Dasar Negara juga termasuk semua sistem tatanegara yang mengandung beberapa aturan dalam menjalankan pemerintahan dari sebuah negara.

Menurut K. C. Wheare

Dasar Negara merupakan suatu program yang ditujukan untuk dapat memberikan perubahan didalam tatanan kehidupan bermasyarakat suatu negara.

Menurut Tracy

Dasar Negara merupakan perpaduan antara keluarga sampai pada beberapa desa, yang nanti pada akhirnya mereka dapat berdiri mandiri dengan tujuan yang sama yaitu kesenangan & kehormatan mereka.

Menurut Aristoteles

Dasar Negara merupakan suatu alat yang diguankan untuk mengendalikan segala persoalan dengan mengatas namakan rakyat.

Menurut Roger F. Soltau

Dasar Negara merupakan suatu organisasi manusia atau sebuah kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama.

Menurut R. Djokosoetono

Dasar Negara merupakan suatu kesatuan masyarakan politik yang berfungsi membuat, menerapkan, & menjamin berlakunya norma kelakuan untuk seluruh masyarakat.

Menurut Frans Magnis Suseno

Dasar Negara adalah suatu organisasi kekuasaan yang menyatukan kelompok manusia, kemudian akan disebut bangsa.

Menurut Logemann

Dasar Negara merupakan organisasi manyarakat yang mempunyai daerah tertentu, dimana kekuasaan negara berlaku sepenuhnya sebagai sebuah kedaulatan.

Menurut Prof. Mr. Soenarko

Fungsi Dari Dasar Negara

  • Dasar berdiri dan tegaknya negara, pemikiran yang mendalam mengenai dasar negara lazim muncul ketika sebuah bangsa akan hendak mendirikan sebuah negara. Sehingga, dasar negara berfungsi sebagai pondasi awal berdirinya suatu negara. Sesudah negara itu berdiri, dasar negara dapat menjadi sebuah landasan bagi pengelolaan negara yang bersangkutan.
  • Sebagai sebuah dasar kegiatan penyelenggaraan negara yang didirikan untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional suatu bangsa di bawah pimpinan para penyelenggara negara. Agar para penyelenggara negara dapat benar-benar bisa mewujudkan tujuan nasional dan mereka harus mendasarkan semua kegiatan pemerintahan pada suatu dasar negara.

Lihat Juga : Pengertian dan Fungsi Gelas Ukur Laboratorium

  • Partisipasi warga negara yang semua warga negaranya mempunyai hak dan kewajiban yang sama demi mempertahankan negara dan partisipasi dalam upaya bersama mencapai tujuan utama bangsa. Dalam menggunakan segala hak dan menunaikan kewajibannya, maka seluruh warga negara harus berpedoman kepada sebuah dasar negara.
  • Dasar pergaulan bagi antara warga negara bukan hanya menjadi sebuah dasar perhubungan antar warga negara dan negara, melainkan juga pada dasar bagi hubungan antar warga negara.
  • Dasar dan sumber hukum nasional yang seluruh kegiatan aktivitas penyelenggaraan negara dan warga negara dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara harus didasarkan pada suatu hukum yang berlaku. Dengan begitu, semua peraturan perundang-undangan yang telah terbentuk untuk penyelenggaraan negara harus didasarkan pada suatu dasar negara.

Manfaat Dasar Negara Bagi Bangsa

Setiap negara pasti mempunyai sistem dan peraturan pemerintah sendiri, tergantung dari siapa yang mempimpin dan membuatnya. Begitu pula pada dasar negara, setiap pemerintah negara juga memiliki dasar negara yang berbeda-beda namun dengan tujuan yang sama, yaitu menciptakan sebuah negara yang kuat dan menata atau menyusun rapih warga negaranya.

Sebagai sebuah contoh, Indonesia memiliki dasar negara yaitu Pancasila yang mengajarkan kepada kita mengenai nilai-nilai hidup dalam berkebangsaan. Manfaat dasar negara mungkin pernah kalian pelajari ketika sekolah baik itu dari SD sampai dengan kuliah.

Manfaat dari dasar negara itu sendiri ada banyak sekali, karena ini merupakan sebuah pedoman hidup dari semua pandangan masyarakat terhadap negara. Karena, apabila kita memegang erat dasar negar, maka dalam berkehidupan sosial pun dapat terjalin dengan baik dan juga kita paham mengenai norma-norma dalam suatu negara itu sendiri.

Bukan hanya itu saja, memiliki dasar negara akan membuat masyarakat memiliki jalan tujuan yang jelas dalam bernegara. Selain itu juga tujuan dan cita-cita bangsa akan terwujud dengan baik dan memberikan dampak positif bagi setiap warga negara itu sendiri.

Nah, demikian informasi ulasan yang dapat admin Maskacung.com bagikan kepada kalian semua mengenai pengertian, fungsi dan manfaat dari dasar negara yang dapat kamu ketahui dan dipelajari.

Lihat Juga : Pengertian dan Contoh Majas Metafora

Semoga dari ulasan yang saya sampaikan diatas dapat memberikan banyak manfaat dan membantu bagi kalian semua, apabila ada salah kata saya mohon maaf sebesar-besarnya, terima kasih.

Pengertian Dasar Negara
Pengertian Dasar Negara: Fungsi dan Manfaatnya | Maskacung.com

Dasar Negara adalah sebuah pandangan, pondasi, pola, sikap hidup manusia yang tidak dapat dibuktikan kebenaran maupun kesalahannya. Sebagai suatu dasar yang mungkin sering kita lihat dan pahami yang sebagai suatu pondasi atau landasan untuk tempat berpijaknya 'sesuatu'.

Editor's Rating:
9

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *