Pengertian Interpretasi: Definisi dan Contohnya


Pengertian Interpretasi

Belajar Mengenal Apa itu Interpretasi, Pengertian, Definisi dan Contohnya

Pengertian Interpretasi adalah sebuah seni yang menggambarkan komunikasi secara tidak langsung, tapi mudah untuk dimengerti dan dipahami. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) interpretasi juga diartikan sebagai pemberian pendapat, tafsiran, kesan maupun pandangan teoritis terhadap sesuatu.

Istilah kata interpretasi juga bisa merujuk pada suatu proses penafsiran yang sedang berlangsung atau hasil dari proses tersebut itu sendiri. Interpretasi bisa menjadi sebuah bagian dari presentasi atau gambaran dari informasi yang diubah, dengan tujuan menyesuaikan kumpulan simbol spesifik.

Lihat Juga : Pengertian Dasar Negara: Fungsi dan Manfaatnya

Informasi tersebut bisa berupa tulisan, gambar, matematika, lisan, dan berbagai bentuk lainnya. Nah untuk mengenal lebih dalam terkait dengan judul postingan ini marilah kita lanjut membacanya.

Definisi Interpretasi

Definisi dari interpretasi adalah hanya dapat digunakan sebagai suatu metode jika diperlukan saja. Apabila suatu objek, misalnya adalah sebuah karya seni, ujaran dan sebagainya cukup jelas maknanya maka tidak akan mengandung unsur interpretasi lagi.

Interpretasi biasanya dilakukan untuk mendapatkan pengertian maupun pengetahuan yang lebih jelas atau mendalam tentang sesuatu hal atau objek tersebut. Contohnya, sebuah lukisan abstrak yang kurang atau tidak mudah untuk dipahami maksudnya bagi sebagian besar orang.

Lukisan ini pun bisa menjadi objek interpretasi sehingga orang awam (tidak mengetahuinya) tentu dapat bisa mengetahui makna yang terkandung pada lukisan itu sendiri. Sama halnya seperti pada sebuah karya seni lainnya, novel, semisal film, puisi, atau lagu.

Pengertian Interpretasi Menurut Ahli

Menurut Kaelan (1998) interpretasi adalah suatu karya seni yang dapat menggambarkan komunikasi secara tidak langsung, namun demikian komunikasi tersebut bisa dengan mudah dipahami.

Interpretasi sangat berkaitan erta dengan hubungan yang harus dicapai oleh subjek dan pada waktu yang bersamaan dan juga diungkapkan kembali sebagai sebuah struktur identitas yang ada didalam kehidupan sehari-hari, objektivitas, dan sejarah.

Interpretasi diadakan untuk mendapatkan suatu jawaban dan pengetahuan yang lebih jelas, detail serta mendalam. Interpretasi juga dapat bisa diaplikasikan pada data statistik, misalkan data jumlah penduduk berdasarkan gender dan penghasilan rata-rata pada masyarakat tersebut.

Lihat Juga : Pengertian, Sejarah dan Arti Bhinneka Tunggal Ika

Data-data yang terkumpul kemudian bisa di interpretasikan sehingga dapat diketahui informasi yang ada didalam masyarakat. Salah satu faktor paling penting dalam suatu interpretasi yaitu latar belakang seseorang yang akan meng-interpretasi, di mana ia harus memiliki landasan ilmu dan pengalaman yang benar-benar sudah matang sehingga hasil interpretasinya mampu dipertanggungjawabkan kepada semua orang.

Pengertian Interpretasi dalam Berbagai Macam Bidang

Interpretasi dalam Data – Menurut Mudji (2005) pengertian data dalam penelitian kualitatif yaitu suatu deskripsi atau ungkapan yang mencoba untuk mengambil pengetahuan mengenai sebuah data atau peristiwa melalui pemikiran yang lebih lanjut atau mendalam.

Interpretasi dalam Hukum – Menurut Soedjono Dirdjosisworo interpretasi dalam hukum adalah menentukan arti atau makna dari sebuah teks dan bunyi pada pasal serta hal-hal terkait dengannya.

Interpretasi dalam Musik – Menurut Hermeren (2001) kerangka dari interpretasi dapat juga berupa sejarah musik, ritme, harmoni, struktur, tempo, bentuk, dinamika, dan warna suara.

Interpretasi dalam musik merupakan sebuah proses untuk menemukan apa saja yang diinginkan oleh si komposer serta sebagai sebuah bentuk pengekspresian dan pengkombinasian perasaan, menggambarkan sosial, sejarah, maupun kondisi psikologi sebuah karya musik.

Interpretasi dalam Sejarah – Menurut Gilbert J. Garraghan interpretasi dibedakan menjadi 5 jenis yaitu; 1. Verbal; 2. Psikologis; 3. Logis; 4. Teknis; 5. Faktual.

Interpretasi dalam sejarah merupakan suatu bentuk penafsiran sejarawan terhadap sejarah sehingga menjadi satu kesatuan suatu cerita yang harmonis dan masuk akal. Penafsiran sejarah ini bersifat subyektif dan sangat bergantung pada orang yang menafsirkannya.

Interpretasi dalam Cerpen – Yaitu suatu penafsiran makna apa pun yang terkandung pada sebuah cerpen. Dalam hal ini juga bisa dikatakan sebagai penafsiran pesan pengarang, kaitan cerita dengan fakta kehidupan yang ada.

Interpretasi dalam Citra – Merupakan suatu kegiatan untuk pengkajian citra atau foto udara yang bertujuan untuk mengenali suatu objek serta gejala dan juga sekaligus untuk memberi nilai seberapa penting arti objek dan gejala itu sendiri melalui tahapan deteks, identifikasi dan analisis.

Interpretasi dalam Peta – Merupakan suatu aktivitas dalam membaca sebuah peta dengan memberikan penafsiran atau memaknai isi dari peta tersebut dengan menggunakan simbol-simbol yang sudah ada seperti objek geografi danau, jalan, laut, sungai, gunung, dan lain sebagainya.

Lihat Juga : Pengertian dan Fungsi Gelas Ukur Laboratorium

Nah itulah diatas ulasan artikel dari Maskacung.com yang dapat dibagikan untuk kalian semua mengenai definisi dan pengertian interpretasi yang dapat kamu ketahui dan di pelajari. Semoga dari ulasan artikel diatas dapat memberikan banyak manfaat dan membantu bagi kalian semua, apabila ada salah kata dari penulisan, maka admin mohon maaf dan admin mengucapkan banyak terima kasih untuk para pembaca.

Pengertian Interpretasi
Pengertian Interpretasi: Definisi dan Contohnya | Maskacung.com
Interpretasi adalah sebuah seni yang menggambarkan komunikasi secara tidak langsung, tapi mudah untuk dimengerti dan dipahami. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) interpretasi juga diartikan sebagai pemberian pendapat, tafsiran, kesan maupun pandangan teoritis terhadap sesuatu.
Editor's Rating:
9

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *