Peta Dunia HD Lengkap Dengan Nama Negara dan Benua


Peta Dunia

Belajar Mengenal dan Mengetahui Bumi, Negara dan Benua dari Peta Dunia

Peta Dunia adalah sebuah gambar yang menunjukan negara, benua dan bagian lainnya dari bumi. Hidup dijaman yang serba modern dan canggih seperti saat ini, tentu saja kita akan dimudahkan dalam segala hal baik itu informasi maupun sejarah.

Jika kamu ingin mengetahui lebih jelas dan pasti tentang letak bagian negara maupun benua yang mungkin belum pernah kamu kunjungi dapat melihatnya melalui sebuah peta. Dengan adanya maps, kita tentu saja bisa mengetahui secara jelas benua atau negara apa dan letaknya dimana.

Peta layaknya sebuah kompas, dimana kita bisa menemukan jalan atau arah jika tidak mengetahuinya. Jika berada dilautan, maka tidak ada penunjuk arah yang jelas dan akurat, dan untuk mengetahui arah dan tempat kita bisa menggunakan kompas ataupun peta.

Lihat Juga : Pengertian Interpretasi: Definisi dan Contohnya

Dalam sebuah sejarah mencatat, bahwa aktivitas berlayar dilautan antar benua dan negara mulai menunjukan perhubungan antar bangsa dan negara diseluruh belahan dunia ini. Dari kegiatan aktivitas inilah, manusia dapat mengetahui dimana letak pasti suatu negara atau tempat tersebut.

Gambar Peta Dunia Kualitas HD dan Lengkap

Peta Dunia Terbaru 2019
Gambar Peta Seluruh Dunia Lengkap
Peta Dunia 2019
Gambar Peta Bumi Lengkap
Globe Dunia
Gambar Peta Buta Seluruh Dunia
Peta Atlas Dunia
Gambar Peta Seluruh Negara
Peta Bumi Terbaru 2019
Gambar Peta Seluruh Muka Bumi Hitam Putih

Sejarah Pembuatan Peta Dunia

Dalam sejarahnya, world maps (globe) dapat dikategorikan dalam 4 periode pembuatan. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan terhadap ilmu pengetahuan serta pemahaman bentuk bumi, yang dapat kamu lihat fase atau periode tersebut dibawah ini.

Periode Pertama

Peta dunia pertama kali dibuat oleh seseorang dari bangsa Babilonia pada 2300 SM. Pada masa itu, peta dibuat dengan menggunakan tanah liat sebagai media utamanya.

Pada sebuah peradaban di Yunani, ilmu pengetahuan berkembang pesat, termasuk di dalamnya ilmu kartografi. Konsep bumi yang berbentuk bulat dan dicetuskan oleh Aristoteles mendapatkan pengakuan dari para filosofi dan ahli bumi disaat itu.

Pada tahun 165 – 85 SM, pada periode ini ilmu kartografi mencapai puncak kejayaannya di Yunani dan Roma berkat kartograf yang bernama Ptolemaeus dan dikenal sebagai Ptolemy.

Periode Kedua

Abad pertengahan adalah masa di mana agama muncul dan berkuasa, sehingga dalam penggambaran atau pembuatan sebuah peta untuk bumi pun harus mengikuti cara pandang agama. Sebuah peta yang terkenal di Jerussalem adalah bentuk T-O, di mana pada gambar bulat (O) dan di dalamnya dibagi menjadi tiga bagian (T), sisi atas menunjukkan Asia dan dua sisi bawah lainnya adalah Eropa dan Afrika.

Pada abad ke-12 bangsa Viking mulai melakukan dan menjelajahi utara Atlantik dan meyakinkan bentuk bumi yang sebenarnya.

Peta yang berbentuk gambar tangan banyak dibuat oleh bangsa-bangsa dari Arab dan Mediterania.

Periode Ketiga

Pada abad 15 sebelum masehi, ditemukan alat pencetak peta yang terbuat dari bahan dasar kayu dan pada abad ke-16, alat pencetak yang terbuat dari tembaga mulai dibuat dan dikembangkan serta menjadi dasar pembuatan peta sampai berkembangnya teknik fotografis dalam pembuatan peta.

Pada abad ke-16 sebelum masehi, Seorang ilmuan bernama Gerardus Marcator mengembangkan proyeksi silindris untuk menggambarkan peta dan inilah yang sekarang kita kenal sebagai globe.

Periode Keempat

Pada abad ke-17 sebelum masehi, teknologi yang dapat digunakan untuk ilmu kartografi mulai terus dikembangkan.

Saat ini, proses pembuatan peta dapat dilakukan dengan menggabungkan antara pengindraan satelit, foto udara, dan hasil pemantauan langsung di lapangan lalu digabungkan dan dibuat menjadi sebuah peta.

Apa itu Benua?

Benua atau kontinen adalah suatu daratan yang sangat luas dan berada di permukaan bumi. Benua diidentifikasi lebih berdasarkan konvensi (kesepakatan) dari suatu kriteria-kriteria baku. Saat ini, ada tujuh wilayah yang umum dianggap sebagai suatu benua, yaitu Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, Eropa, dan Australia. Dalam ilmu pengetahuan Geologi, area kerak benua meliputi wilayah yang segaian besar adalah air.

Luas dari semua benua bervariasi, karena pada dasarnya benua adalah sebuah daratan yang menyambung dengan garis pantai dan batasan daratan lainnya dan membentuk sebuah tepi benua.

Lihat Juga : Pengertian Dasar Negara: Fungsi dan Manfaatnya

Pemisah untuk benua adalah setiap benua merupakan daratan yang berbeda umumnya adalah konvensi sejarah. Dari tujuh daratan yang diakui sebagai benua, hanya Antartika dan Australia yang benar-benar terpisah dari benua-benua lainnya. Beberapa benua tidak secara jelas bisa dianggap berdiri sendiri, tetapi sebagai bisa dikatakan daratan yang lebih kurang berbeda.

Asia dan Afrika disatukan oleh Tanah Genting Suez. Amerika Utara dan Selatan terhubung oleh Tanah Genting Panama. Pada kedua kasus itulah, sama sekali tidak ada pemisahan daratan oleh air atau dengan mengenyampingkan Terusan Suez dan Terusan Panama, yang keduanya sempit dan dangkal, karena merupakan sesuatu buatan manusia itu sendiri. Dikutip dari sumber terpercaya Wikipedia.

Apa itu Negara?

Negara adalah sekelompok orang yang menempati wilayah tertentu dan diorganisasi oleh pemerintah negara yang sah dan diakui oleh negara lain, yang umumnya memiliki kedaulatan. Negara juga merupakan sebuah wilayah dan memiliki suatu sistem tertentu atau peraturan yang berlaku bagi setiap individu di wilayah itu sendiri, dan berdiri secara independent.

Syarat yang wajib dimiliki sebuah negara adalah memiliki rakyat, dan memiliki pemerintahan yang berdaulat. Sedangkan syarat yang tidak wajib adalah mendapat pengakuan dari negara lain. Dikutip dari sumber terpercaya Wikipedia.

Kesimpulan

Sebuah peta atau map adalah sebuah petunjuk arah bagi manusia untuk mengetahui letak dan lokasi suatu tempat, wilayah, negara dan benua diseluruh muka bumi ini. Namun, pada saat ini teknologi sudah mulai berkembang dan canggih dan di ciptakannya GPS (Global Positioning System) sebagai alat canggih dan modern untuk membantu mengetahui berbagai macam tempat dan lokasi dengan menggunakan navigasi.

Oleh sebab itu kita tidak perlu khawatir saat berada di tempat atau wilayah lain yang tidak kita ketahui jalannya, karena di era digital seperti saat ini semuanya serba canggih dan modern. Pada saat ini pun sebagian besar orang lebih menggunakan GPS dibandingan dengan peta.

Lihat Juga : Bhinneka Tunggal Ika: Pengertian, Sejarah dan Artinya

Tetapi, bukan berarti peta sudah tidak digunakan lagi. Karena peta itu sendiri masih tetap digunakan khususnya pada kamu yang sedang berlayar dilautan. Karena seperti yang telah kita ketahui bahwa dilaut itu tidak ada sinyal untuk mengakses internet dan menggunakan GPS.

Itulah ulasan dari saya admin Maskacung.com yang bisa disampaikan kepada kalian semua mengenai gambar peta dunia terbaru 2019 dengan kualitas hd dan dilengkapi dengan bagian negara dan benua. Semoga dari ulasan artikel diatas dapat membantu dan memberikan banyak ilmu dan manfaat untuk kalian semua, terima kasih.

Peta Dunia
Peta Dunia HD Lengkap Dengan Nama Negara dan Benua | Maskacung.com
Peta Dunia adalah sebuah gambar yang menunjukan negara, benua dan bagian lainnya dari bumi. Hidup dijaman yang serba modern dan canggih seperti saat ini, tentu saja kita akan dimudahkan dalam segala hal baik itu informasi maupun sejarah.
Editor's Rating:
10

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *