Cara Mengatasi Rich Snippet Review Rating Bintang Blog Tidak Tampil di Google


Cara Mengatasi Rich Snippet Review Rating Bintang Blog Tidak Tampil di Google

Alasan Penyebab dan Solusi Kenapa Rich Snippet Review Rating Bintang Blog Tidak Tampil di Hasil Penelusuran Google

Rich Snippets adalah sebuah data struktur pada sebuah situs web untuk menampilkan cuplikan hasil kaya pada penelusuran search engine seperti Google. Terdapat banyak sekali jenis cuplikan kaya seperti breadcrumbs, karosel, review rating bintang dan lain sebagainya.

Sebuah fitur yang dapat membantu meningkatkan pengunjung blog dan CTR (Click-Through Rate) ini memang sangat berguna sekali. Kamu dapat me-markup data struktur pada situs web yang kamu miliki, tetapi mungkin ada dari kalian yang sedang mengalami hal seperti pada judul artikel ini.

Lihat Juga : 5 Plugin Rich Snippet Review Rating Wordpres Terbaik 2019

Rich Snippet review rating bintang blog tidak tampil di hasil penelusuran Google, adalah salah satu pertanyaan yang sedang kalian cari untuk mendapatkan jawaban yang tepat. Apabila kamu sudah me-markup data struktur rich snippets pada setiap halaman konten artikel dari website, maka tidak dapat langsung muncul, kenapa? inilah alasannya.

Penyebab Data Struktur Rich Snippet Tidak Tampil di Penelusuran Google

  1. Google memungkinkan fitur cuplikan kaya akan muncul dihalaman pencarian, namun tidak menjamin bahwa cuplikan rich snippet akan muncul. Algoritma google sangat memperhatikan pengalaman penelusuran terbaik bagi pengguna terbaik untuk menyesuaikan hasil dari algoritme. Pengalaman pengguna terbaik tersebut bergantung pada faktor banyaknya variabel, termasuk histori penelusuran, lokasi, dan jenis perangkat.
  2. Data struktur tidak valid.
  3. Kategori / niche blog tidak sesuai untuk dimarkup rich snippet.
  4. Data struktur tidak mendeskripsikan isi utama dari konten atau menyesatkan.
  5. Data struktur dari konten yang dirujuk disembunyikan oleh pengguna.
  6. Situs / halaman belum di index secara menyeluruh.
  7. Terkena tindakan manual di webmaster
  8. Situs / halaman tidak mematuhi kebijakan data struktur, untuk lebih jelasnya lihat pedoman webmaster umum.

Solusi Mengatasi Rich Snippet Tidak Tampil di Halaman Penelusuran Google

1. Menggunakan Format Kode JSON-LD

JSON-LD adalah sebuah nama kode sebagai metode untuk menautkan data (script) menggunakan format JSON. Untuk me-markup konten / halaman sebuah situs web kita dapat menerapkannya dengan 3 kode yaitu, JSON-LD (direkomendasikan), MICRODATA dan RDFA.

Seperti yang telah dijelaskan pada halaman panduan Cuplikan Ulasan dari Google, bahwa kode JSON-LD menjadi rekomendasi untuk me-markup konten artikel atau halaman pada suatu situs. Tapi bukan berarti kedua kode yang lain tidak tidak berfungsi dengan baik, hanya saja kita harus mengikuti saran dari Google sebagai search engine yang menampilkan cuplikan hasil kaya website, atau kamu dapat pelajari cara kerja data struktur.

2. Buatlah Kode Data Struktur yang Valid

Dalam me-markup konten artikel atau halaman, kita harus memeriksa kembali apakah data struktur yang kita terapkan itu sudah benar-benar valid atau masih ada peringatan / kesalahan. Untuk dapat mengetahuinya, kamu bisa test langsung pada alat pengujian data struktur.

Data Struktur Valid
Contoh Data Struktur Valid

Lalu lihat apakah ada yang error (peringatan/kesalahan) atau tidak. Apabila terjadi error maka hal yang perlu kamu lakukan adalah memperbaiki kesalahan error yang terjadi pada data struktur tersebut. Karena jika terjadi kesalahan / error maka algoritma dan robots search engine tidak dapat membacanya dan tidak bisa menampilkan cuplikan kaya di hasil penelusuran google.

3. Markup Konten / Halaman yang Memenuhi Persyaratan

Dalam banyak kasus yang sering admin temui, banyak sekali kesalahan yang terjadi dalam me-markup data struktur. Kesalahan tersebut adalah, konten artikel / halaman yang dimarkup tidak memenuhi persyaratan oleh Google dan hasilnya search engine tidak bisa menampilkan rich snippet atau cuplikan kaya.

Lihat Juga : Cara Menampilkan Rating Bintang Blog di Hasil Penelusuran Google

Sebagainya contoh, misalkan konten / halaman kamu mengenai tutorial, namun kamu me-markup konten menggunakan Schema.org/Review dan itu tentu saja salah. Jadi sebaiknya markup-lah konten artikel yang memang benar-benar sesuai atau cocok dengan jenis data struktur yang kamu gunakan.

4. Konten Artikel / Halaman Tidak Mendeskripsikan Isi Halaman

Salah satu penyebab dari kesalahan lainnya adalah dalam penulisan artikel misalkan membahas mengenai Review dari suatu produk digital. Namun dalam pembahasan dari isi artikel tersebut cenderung lebih membahas pada promosi.

Akibatnya robots dan alogoritme menyatakan ketidak sesuaian dari ulasan Review tersebut. Sebaiknya markup konten artikel dengan jenis tipe data struktur yang sesuai, sebagai contoh apabila kamu ingin mempromosikan suatu produk maka dapat menggunakan Schema.org/Product dan bukan yang lainnya.

5. Jangan Menyembunyikan Data Struktur Pada Pengguna

Menyembunyikan data struktur pada pengguna tentu bisa menyebabkan cuplikan kaya tidak bisa ditampilkan pada hasil penelusuran search engine seperti google. Sebagai contoh, jika kamu menggunakan jenis kode Schema.org/Product atau Schema.org/AggregateRating maka nilai yang diberikan untuk ulasan tersebut harus berasal dari pengguna dan bukanlah robot atau mesin lainnya.

Hal yang sering dilakukan bagi para blogger yaitu untuk memanipulasi skor rating atau nilai dari suatu ulasan pada artikel supaya dapat menampilkan cuplikan kaya di search engine dengan nilai terbaik yang sudah di sesuaikan. Ini tentu saja salah dan melanggar Pedoman Kualitas Konten dari google dan akan ditandai sebagai spam.

6. Sumbit Sitemap / Peta Situs di Webmaster

Apabila dalam penerapan kode data struktur valid dan lain sebagainya sudah benar-benar diterapkan dengan baik, maka hal yang selanjutnya adalah kamu dapat mengirimkan sitemap.xml atau peta situs pada webmaster. Hal ini berguna untuk memberitahu robots mesin pencari untuk mengindex ulang situs tersebut.

Terkadang proses index itu sendiri bisa lebih cepat atau lebih lama kira-kira seminggu atau bahkan bisa berbulan-bulan tergantung dari kecepatan index dari situs itu sendiri. Solusinya adalah, tetaplah bersabar hingga robots mesin pencari berhasil mengindex seluruh bagian dari situs kamu, dan jika data struktur rich snippet benar-benar valid maka akan tampil dengan sendirinya.

Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa kita ambil dari ulasan mengenai kenapa rich snippet review rating bintang blog tidak tampil di hasil penelusuran google dan search engine lainnya. Google sangat merekomendasikan untuk pemilik situs web untuk me-markup setiap halaman atau artikel yang dibuat dan dipublikasikan.

Karena akan membantu Google dalam memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna. Namun, jika dalam penerapannya salah satu tidak mematuhi kebijakan yang diberikan, maka besar kemungkinan situs kamu tidak dapat menampilkan cuplikan kaya (rich snippet) atau dampak terburuknya adalah memiliki reputasi yang tidak baik di search engine.

Lihat Juga : Update! SEO Google Terbaru 2019

Saran dari saya, sebaiknya markup konten / halaman yang memang benar-benar memenuhi syarat untuk cuplikan kaya, tidak memanipulasi nilai atau skor rating dan juga konten yang disampaikan harus benar-benar mendiskripsikan isi dari konten itu sendiri.

Demikian informasi yang dapat admin Maskacung.com sampaikan untuk kalian semua mengenai alasan penyebab data struktur rich snippet review rating bintang tidak tampil di google. Semoga dari ulasan ini dapat membantu dan memberikan banyak manfaat untuk kalian semua, terima kasih.

Cara Mengatasi Rich Snippet Review Rating Bintang Blog Tidak Tampil di Google
Cara Mengatasi Rich Snippet Review Rating Bintang Blog Tidak Tampil di Google | Maskacung.com
Solusi terbaik untuk dapat menampilkan rich snippet review rating bintang atau cuplikan kaya pada blog dihasil penelusuran search engine seperti Google adalah dengan mengikuti panduan konten, pedoman webmaster dan panduan data struktur dari Google.
Editor's Rating:
9

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *